Tolong Jangan Remehkan Penyebab Kinerja Laptop Lambat

Ilustrasi Laptop (Image Source: i.kinja-img.com)

Pernahkah sobat dilanda dengan permasalahan pada laptop? Bila pernah, saya yakin kinerja laptop lambat adalah permasalahan yang paling nyata untuk sebagian besar orang. Tentu setiap orang mendambakan kinerja laptop yang cepat untuk mengoptimalkan proses pekerjaannya termasuk saya. Sedikit saja laptop kita mengalami permasalahn, akan sangat mempengaruhi kinerja kita dalam pekerjaan atau tugas-tugas dalam studi pendidikan.

Berdasarkan pengalaman, ketika awal saya membeli laptop, laptop saya bekerja dengan baik dan kinerjanya cukup cepat dan stabil. Lalu, setelah beberapa bulan, saya merasa ada yang berubah dari laptop saya. Kinerja mulai lambat, contohnya saat mengeksekusi suatu program. Bayangkan saja, hanya mengeksekusi aplikasi Office saja membutuhkan waktu 10-20 detik. Cukup lambat, bukan? Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kinerja laptop yang lambat? Dapatkah kita “Say Good Bye to Laptop Lambat” untuk selamanya? Pertanyaan pertama bisa kita jawab apabila kita tahu penyebab kinerja laptop menjadi lambat dan pertanyaan kedua bisa kita jawab bila kita bisa mengatasi permasalahan kinerja laptop yang lambat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kinerja laptop menjadi lambat.

Terlalu Banyak Menginstal Program.
Berdasarkan pengalaman pribadi dan seorang teman saya, kinerja laptop lambat bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi atau program yang terinstal pada laptop. Padahal aplikasi tertentu tersebut jarang digunakan atau bahkan hanya sekali digunakan. Ada baiknya, aplikasi yang jarang atau sudah tidak digunakan bisa diuninstal agar tidak memakan space harddisk.

Terlalu Banyak Startup Program dan Service yang Berjalan.
Biasanya saat kita menyalakan laptop, ada beberapa aplikasi yang langsung running secara otomatis. Beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis tersebutlah yang merupakan program startup.

Kurangnya Kapasitas Memori.
Mungkin ini sudah menjadi hal yang umum, penyebab laptop lambat adalah kurangnya kapasitas memori atau sering disebut RAM pada laptop.

Temporary File yang Terlalu Menumpuk.
Biasanya bila terus dibiarkan, temporary file pada laptop akan terus menumpuk dan semakin membengkak.

Virus, Spyware, dan Malware.
Mungkin bisa dikatakan ini bisa dijadikan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja laptop. Virus yang terinfeksi di setiap partisi harddisk akan menimbulkan kinerja laptop yang tidak optimal.

Kapasistas Harddisk Penuh.
Harddisk yang penuh juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat karena saat mengeksekusi program membutuhkan space harddisk. Terkadang untuk beberapa aplikasi membutuhkan space harddisk yang cukup besar agat bisa running dengan optimal.

Terlalu Banyak Instal Antivirus.
Pada laptop, kita tidak disarankan untuk menginstal antivirus lebih dari satu. Tetapi, 2 masih bisa tetap stabil. Apabila sudah lebih dari 2 biasanya akan terjadi ketidakstabilan. Antivirus bekerja secara bersamaan akan bentrok sehingga sistem akan terganggu yang berimbas pada kinerja laptop yang menjadi lambat.

Overheat.
Overheat adalah suatu keadaan hardware dalam kondisi yang sangat panas akibat kinerja yang keras dan terlalu lama. Sirkulasi udara pada laptop yang kurang baik menyebabkan beberapa komponen yang ada pada laptop, seperti harddisk,vga, dan processor akan menjadi cepat panas.

Sistem Files yang Rusak (Corrupt).
File sistem yang rusak atau hilang termakan virus bisa menjadi faktor yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Satu saja sistem file rusak akan sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop.

Usia Laptop. 
Hal ini mungkin saja bisa menjadi penyebab kinerja laptop yang lambat. Bukan tidak mungkin bila ada beberapa komponen laptop yang usianya sudah memang harus diganti dengan yang baru, misalnya saja vga atau processor. Namun, ini jarang terjadi bila kita telaten menggunakan laptop.


Demikian beberapa penyebab kinerja laptop menjadi lambat. Sebisa mungkin, jangan remehkan penyebab kinerja laptop lambat. Bila terus dibiarkan, laptop akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Mari kita kenali penyebab kinerja laptop yang lambat agar bisa mencari solusinya. Lantas, bagaimana cara atau solusi untuk mengatasi kinerja laptop yang lambat?
Jawabannya akan saya jelaskan di artikel Say Good Bye to Laptop Lambat selanjutnya.

Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermafaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
24 Desember 2015 23.09 delete

kalau laptop melambat itu ganggu banget kalau lagi kerja dan ngeblog ya mas

Reply
avatar
26 Desember 2015 12.37 delete

yaps, betul banget hehe. makanya harus dirawat.

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung, Konten yang ada pada blog ini masih jauh dari sempurna. Mohon kritik, komentar, saran, atau tanggapannya dengan sopan. No Spamming. :) EmoticonEmoticon