Say Good Bye to Laptop Lambat

ilustrasi penggunaan laptop
Ilustrasi Penggunaan Laptop (Image Source : pcinfinitum.com)


Bila sebelumnya saya telah membahas mengenai beberapa penyebab kinerja laptop menjadi lambat, melalui tulisan ini saya akan mencoba memenuhi janji saya sebelumnya, yaitu membahas solusi untuk mengatasi kinerja laptop yang lambat. Seperti yang telah saya bahas pada artikel saya sebelumnya, mari kita kenali terlebih dahulu penyebab kinerja laptop menjadi lambat dan jangan pernah remehkan penyebab tersebut. Ok, tanpa banyak basa-basi lagi. Berikut ini adalah beberapa cara atau tips untuk mengatasi kinerja laptop (OS : Windows 7) yang lambat sesuai dengan artikel tolong jangan remehkan penyebab kinerja laptop lambat.
ilustrasi repair laptop
Ilustrasi Repair Laptop (Image Source: itguyswa.com)

  1. Uninstal program atau aplikasi sobat yang sudah jarang dipakai atau yang tidak terpakai lagi. Ini memungkinkan untuk menghemat space harddisk. Cara uninstalnya seperti biasa masuk ke Control Panel dan proses uninstal dilakukan di Add Or Remove Program. Bila ada beberapa aplikasi yang bandel, bisa diuninstal menggunakan software bantuan yang bernama Your Uninstaller.
  2. Matikan beberapa startup program yang tidak terlalu penting. Maksimal program yang berjalan saat start up adalah 5 program dan tergantung pada keperluan. Cara mematikannya, masuk ke System Configuration Utility kemudian pilih tab menu StartUp. Hilangkan tanda centang aplikasi yang ingin dihentikan saat startup. Selain cara tersebut, bisa juga menggunakan bantuan aplikasi, seperti Tune Up. Berikut ini ilustrasi dari System Configuration Utility.
  3. Bila kapasitas RAM terasa kurang besar atau sudah tidak mencukupi, kemungkinan upgrage bisa dilakukan. Namun, sebelum itu silahkan konsultasikan dengan teknisi di tempat jual beli RAM tersebut.
  4. Temporary files bisa dihapus dengan mudah. Cara mudahnya menggunakan bantuan aplikasi CCleaner. Cara manual bisa masuk ke folder 'C:\WINDOWS\Temp' dan hapus semua yang ada dalam folder tersebut. Hati-hati melakukan penghapusan file temporary, mungkin ada file yang masih berjalan/running.
  5. Coba update database antivirus dan lakukan scan keseluruhan. Mungkin ada virus yang bersarang di harddisk.
  6. Coba cek kapasitas harddisk. Bila sudah penuh, silahkan back up file ke tempat lain atau bisa juga menghapus file yang sudah tidak diperlukan. Defragment harddisk secara teratur. Cara defragment bisa dilakukan dengan bantuan Tune Up atau secara manual dengan menggunakan system tools yang ada pada Windows. 
  7. Sebisa mungkin cukup instal satu antivirus yang sobat percaya, misalnya Avast 7.0. Menginstal antivirus lebih dari satu cenderung membuat antivirus tersebut bentrok dan membuat kinerja laptop terganggu.
  8. Pastikan sirkulasi udara pada laptop terjaga dengan baik. Jangan meletakkan laptop yang menyala diatas bidang yang empuk. Hal tersebut bisa menghambat sirkulasi udara yang ada pada laptop. Jangan lupa gunakan coolpad sebagai penetral suhu.
  9. Bila kemungkinan ada file sistem yang error atau rusak, cara sederhana bisa dengan restore sistem komputer atau dengan repair sistem operasi yang digunakan.
  10. Nah, bila kemungkinan disebabkan oleh usia laptop yang sudah lawas. Ya, mau tidak mau kita harus mengganti komponen laptop secara sebagian atau keseluruhan.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kinerja laptop yang lambat tanpa harus membawa ke teknisi. Lumayan bisa menghemat uang saku. Semua yang saya jelaskan tersebut berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga sedikit banyaknya bisa menjadi bagian solusi untuk sobat yang pernah mengalami hal ini. Cara ini 99% cukup ampuh. Bila cara tersebut berhasil, jangan lupa saatnya untuk kita Say Good Bye to Laptop Lambat. Jangan biarkan kinerja laptop kita lambat untuk kesekian kalinya. Mungkin bila sobat memiliki pengalaman lebih, masukan, saran, pertanyaan yang ingin disampaikan, jangan lupa share di kolom komentar yang telah disediakan. Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
1 Maret 2016 11.34 delete

terima kasih untuk sarannya

Reply
avatar
10 Juli 2016 09.28 delete

Terimakasih infonya..

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung, Konten yang ada pada blog ini masih jauh dari sempurna. Mohon kritik, komentar, saran, atau tanggapannya dengan sopan. No Spamming. :) EmoticonEmoticon